Pentingkah Hari Ginjal Sedunia 2012..?

Lagi-lagi senang bisa tahu dan ingat akan adanya Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day/WKD) yang  biasa dirayakan setiap hari kamis minggu ke-2 bulan maret, yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 8 maret 2012 yang kebetulan  bersamaan dengan perayaan hari perempuan sedunia. Terkadang program ini tidak jarang dan sedikit terlupakan dan terabaikan oleh pihak yang seharusnya mengingatkan dan membantu masyarakat seperti instansi kesehatan daerah, pusat, perguruan tinggi kesehatan, atau oleh sekelompok/seorang yang berprofesi sebagai Tenaga Kesehatan sebagai garda terdepan untuk bisa membantu masyarakat dengan fungsi promotor dan preventor. Hal ini dapat disebabkan karena berbagai faktor eperti SDM, Materi/pendanaan, lingkungan, dukungan paraturan dan lintas sektor, yang menyebabkan kasus ini mencuat kepermukaan. Sebagai gambaran permasalahan kenapa perlunya kita mengingatkan sejarah kesehatan ini, karena hingga tahun 2012 saja, terdapat sekitar 300 ribu penderita gagal ginjal di Indonesia dan jumlah penderita ini angkanya justru malah cenderung meningkat. Gangguan ginjal ini bisa mengurangi produktifitas seseorang, bahkan mengancam jiwa. Fungsi ginjal sangat beragam bukan hanya mengeluarkan racun dari tubuh tapi mengatur tekanan darah yang berujung pada menjaga ritme jantung. Gagal Ginjal terjadi karena organ ginjal mengalami penurunan hingga menyebabkan tidak mampu bekerja dalam menyaring elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh (sodium dan kalium) dalam darah atau produksi urine.

Penyebab Gagal Ginjal

Gagal ginjal disebabkan oleh hipertensi, diabetes mellitus, penyumbatan saluran kemih, kelainan autoimun, kanker, kelainan ginjal, rusaknya sel penyaring pada ginjal.

Gejala Gagal Ginjal

Pengidap penyakit ini ditandai dengan: lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi. Kelainan urin: Protein, Eritrosit, Lekosit. Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positif.

Pengobatan

Penanganan serta pengobatan gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebagai contoh, Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.

gagal ginjal yang terjadi secara bertahap bisa diperlambat atau dihentikan sama sekali. Syaratnya sederhana, dilakukan pemeriksaan secara dini, teknologi masa kini sudah bisa membantu memperlambat proses gagal ginjal atau menghentikannya sama sekali.

sumber : health.detik.com

Agenda Kegiatan Perayaan “world kidney day 2012”

Menyambut Hari Ginjal Sedunia pada 8 Maret 2012 ini, sebuah diskusi tentang kesehatan ginjal diselenggarakan di Jakarta. Para ahli ginjal menjelaskan sejumlah hal bisa jadi pertanda awal gangguan ginjal mulai dari rasa lelah berlebihan, mual, sulit tidur, hingga pembengkakan otot. Demi menjaga kesehatan ginjal, perhimpunan nefrologi Indonesia memberikan sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Seperti rutin berolah raga, menjaga kadar gula darah dalam batas normal, menjaga tekanan darah dalam batas normal, menjaga berat badan di kisaran ideal, mengkonsumsi makanan sehat, minum air putih secukupnya, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi obat sembarangan (sumber berita http://berita.plasa.msn.com/nasional/sctv/article_not.aspx?cp-documentid=5965529).

Selain Perhimpunan Nefrologi Indonesia ada juga sebuah organisasi nasional yang disebut IKCC (Indonesia Kidney Care Club = Klub Sayang Ginjal) Merupakan suatu organisasi non profit dan independen yang terdiri dari pasien-pasien yang menderita gangguan ginjal dan masyarakat yang sadar terhadap kesehatan ginjal, dengan memberikan informasi dan edukasi mengenai ginjal untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik. IKCC didirikan oleh pasien-pasien gagal ginjal beserta keluarganya dan orang-orang yang memiliki kesadaran terhadap kesehatan ginjal. Organisasi ini mewadahi seluruh masyarakat Indonesia yang peduli pada kesehatan ginjal, berdiri pada tanggal 5 Mei 2004 dan sudah memiliki kekuatan hukum berdasarkan akta notaris tanggal 18 Oktober 2004.

Perayaan acara di tahun ini, IKCC akan mengadakan kegiatan dalam rangka hari Ginjal se-dunia 2012 pada hari Minggu,11 Maret 2012, pukul. 07.00-12.00 WIB, di Candi Bentar Convention Hall, Putri Duyung Ancol. menariknya acara ini Gratis bagi member IKCC dan 1 Pendamping. Biaya pendaftaran hanya Rp. 10.000,- mendapatkan ticket masuk Ancol, transportasi, snack, lunch & goody bag, pemeriksaan gratis tensi, gula darah dan kolesterol, Wow asyikny jika bisa hadir disana… Mudah-mudahan bisa menjadi kegiatan sehat para pembaca, khususnya yang tinggal dijakarta dan sekitarnya..Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi : 021-42884888, 021-28899904, 42873888-89 ext 1934, 085719273167. atau Sekretariat: Gedung Ziebart Lt.2 Jl. Let. Jend. Suprapto Kav. 5 Cempaka Putih, Jakarta-10510
Tlp. 021-4214758 Fax. 021-4269734 Email: sekretariat@ikcc.or.id

Sebagai pesan penutup untuk para pembaca, perlu rasanya saya memberikan tips ini :

Tips Menjaga Ginjal

Salam Sehat,..Agus S S

Hari Ginjal Sedunia 2012

Tentang Agus Samsudrajat S

"Membuat tapak jejak dengan berpijak secara bijak dimanapun kaki ini beranjak"
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Pentingkah Hari Ginjal Sedunia 2012..?

  1. zaky berkata:

    ijin share yah🙂 thanks b4

  2. dmeydina berkata:

    Reblogged this on dmeydina.

  3. Rinda berkata:

    jujur saja, sebagai sesama TS, ana terkesan dengan tulisan mas Agus. bisa jadi referensi singkat utk disampaikan ke pasien2 ana di RS. syukran wa jazaakallah bikhairi jazaa’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s