Waspadai Kanker Anak Sejak Dini

banner-social-education dari www.ykaki.org

banner-social-education, from http://www.ykaki.org

Memperingati Hari Kanker Anak Sedunia, 15 Februari 2012

            Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Data statistic resmi dari IARC (International Agency for Research on Cancer) menyatakan bahwa 1 dari 600 anak akan menderita kanker sebelum umur 16 tahun. Penyakit kanker pada anak membutuhkan penanganan dengan keahlian, sarana dan prasarana khusus.

            Apabila kanker menimpa pada anak, maka akan merupakan beban yang kompleks bukan hanya bagi orang tua tetapi juga pada saudara-saudaranya, dokter, perawat, sekolah dan masyarakat serta lingkungannya. Kanker pada anak diperkirakan mencapai 1% dari jumlah penyakit kanker secara menyeluruh, namun kanker pada anak dapat disembuhkan bila dideteksi secara dini dan pengobatan serta perawatannya dilaksanakan dengan sarana/prasarana yang memadai.

Faktanya, kanker pada anak dapat disembuhkan apabila dideteksi secara dini dan bila pengobatan serta perawatan dilaksanakan sebaik-baiknya. Kanker pada anak merupakan masalah yang cukup kompleks mengingat perawatan dan atau pengobatannya melibatkan selain orang tua, tenaga profesional, tak kalah pentingnya adalah keluarga, sekolah serta lingkungan juga sangat berperan. Selain faktor genetik, dan perilaku, Faktor lingkungan juga dapat menjadi pencetus terjadinya kanker (radiasi, obat-obatan, hormon-hormon tertentu).

Berikut ini Jenis Kanker Anak dan Gejala-gejala yang biasa ditemukan :

  • Leukimia
    Leukimia adalah kanker pada anak yang paling banyak dijumpai pada anak-anak. Leukimia mempunyai harapan sembuh dengan pengobatan yang tepat dan benar. Gejala yang perlu diwaspadai dan sering ditemukan pada leukimia antara lain pucat, demam atau pendarahan yang tidak jelas sebabnya, nyeri tulang dan pembengkakan perut.
  • Tumor Otak
    Tumor pada otak dapat mengganggu fungsu dan merusak struktur sususan saraf pusat, karena terletak di dalam rongga yang terbatas(rongga tengkorak).
    Gejala yang harus diwaspadai pada tumor otak adalah sakit yang disertai mual sampai muntah-muntah. Dapat pula disertai daya penglihatan berkurang, penurunan kesadaran atau perubahan perilalku.
    Pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjpol. Hal lain yang perlu dicurigai adalah bila terdapat gangguan bicara dan keseimbangan tubuh, anggota gerak melemah atau kejang.
  • Retinablastoma
    Retinablastoma adalah kanker mata yang sering dijumpai pada anak. Gejala yang perlu duawasi ialah adanya bercak putih di bagian tengah mata yang seolah bersinar bila kena cahaya seperti mata kucing. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah penglihatan yang terganggu, mata menjadi juling dan bila telah lanjut maka bola mata menonjol keluar.
  • Limfoma
    Limfoma Maglia adalah kanker kelenjar getah bening, kanker ini biasanya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, ketiak dan atau selangkangan serta usus tanpa disertai rasa nyeri. Bila timbulnya di kelenjar getah bening dalam usus maka dapat menyebabkan sumbatan pada usus dengan gejala sakit perut, muntah, tidak bisa buang air besar dan demam. Bila tumbuh di daerah dada maka dapat mendorong atau menekan saluran nafas. Menyebabkan sesak nafas dan muka membiru.
  • Neuroblastoma
    Neuroblastoma adalah suatu gejala jenis kanker saraf yang dapat menunjukkan banyak gejala, tergantung pada lokasinya. Neuroblastoma dapat terjadi di daerah leher atau rongga dada dan mata. Bila terdapat di daerah mata dapat menyebabkan bola mata menonjol, kelopak mata turun dan pupil melebar. Bila terdapat di tulang belakang dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan yang cepat. Tumor di daerah perut akan teraba bisa sudah besar. Penyebaran pada tulang dapat menyebabkan patah tulang tanpa sebab, tanpa nyeri sehingga penderitanya pincang mendadak.
  • Tumor Wilms
    Tumor Wilms adalah kanker ginjal yang paling sering dijumpai pada anak.Kanker ini dapat ditandai dengan kecing berdarah, rasa tidak enak di dalam perut dan bila sudah cukup besar teraba keras, biasanya diketahui ketika anak dimandikan.
  • Rabdomiosarkoma
    Kanker ini dijumpai pada otot di mana saja, biasanya pada anak di daerah kepala, leher, kandung kemih, prostat (kelenjar kelamin pria) dan vagina. Gejala yang ditimbulkan bergantung pada letak kanker. Pada rongga mata menyebabkan mata menonjol keluar. Terasa nyeri atau keluarnya darah dari lubang telinga. Di tenggorokan menyebabkan sumbatan jalan nafas, radang sinus(rongga sekitar hidung), keluar darah dari hidung (mimisan) atau sulit menelan. Di saluran kandung kemih menyebabkan gangguan buang air kecil atau air seni berdarah. Bila mengenai saluran pencernaan dapat mengalami gangguan buang air besar. Bila mengenai otot anggota gerak akan membengkak.
  • Osteosarkoma
    Osteosarkoma adalah kanker pada tulang. Pembengkakan yang cepat apabila disertai rasa nyeri perlu diwaspadai sebagai kemungkinan adanya kanker tulang. Kanker tulang dapat menyerang setiap bagian tulang, tetapi yang terbanyak ditemukan pada tungkai lengan dan pinggul. Kadang-kadang didahului oleh benturan keras seperti jatuh dan sebagainya.

Kanker dapat mengenai semua organ tubuh, berdasarkan berbagai gejala jenis kanker anak maka secara umum kanker dapat diwaspadai dan dilihat dari tanda-tanda seperti :

  • Mata
    Bintik putih pada mata/”Mata Kucing”, mata tampak lebih besar, mata menonjol, pendarahan pada mata secara spontan, mata mendadak juling. Umumnya terjadi pada anak-anak dibawah 4 tahun.
  • Pembengkakan
    Misalnya pada hati, limpa, leher, buah zakar, kelenjar getah bening dan tulang.
  • Rasa Nyeri
    Pada tulang atau sendi.
  • Tanda-tanda Neurologis
    Sakit kepala yang berkepanjangan dan disertai mual atau muntah yang menyemprot pada saat bangun tidur, gangguan keseimbangan, penurunan kesadaran, kejang, perubahan perilaku, kelumpuhan anggota gerak dan saraf otak.
  • Tanda-tanda Umum
    Pucat, demam yang tdak diketahui sebabnya, pendarahan yang abnormal (lebam/biru-biru di kulit, mimisan, kencing berdarah), penurunan berat badan dan tidak nafsu makan.

Penyakit Kanker ini bisa dicegah melalui :

  • Mengenai makanan:

–     Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan
–     Lebih banyak makan makanan berserat.
–     Lebih banyak makan sayur-sayuran berwarna serta buah-buahan, beberapa kali sehari.
–     Lebih banyak makan makanan segar.
–     Mengurangi atau menghindari makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama.

–     Mengurangi atau menghidari minuman alkohol.

  • Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual.
  • Hindari kebiasaan merokok. Bagi perokok: berhenti merokok.
  • Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stress
  • Periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.

Pengobatan kanker anak pada dasarnya sama dengan kanker pada orang dewasa, yaitu kombinasi antara operasi, radioterapi dan kemoterapi. Khusus untuk leukemia dan limfoma pengobatan utama adalah kemoterapi. Segera hubungi rumah sakit terdekat di daerah anda untuk deteksi dini apabila menemukan gejala-gejala kanker pada anak.

Mari ulurkan tangan sebagai wujud kepedulian kepada saudara-saudara kita penderita kanker pada anak melalui  http://www.ykaki.org/ dan atau http://www.yoaifoundation.org/.

Hari Kanker Anak Sedunia

Hari Kanker Anak Sedunia (World Child Cancer Day)

Berikut ini juga saya lampirkan buku cerita/bacaan tentang kanker anak buat anak-anak dapat di download disini.

Salam juang dan sehat sepanjang hayat. Agus Samsudrajat S.

Tentang Agus Samsudrajat S

"Membuat tapak jejak dengan berpijak secara bijak dimanapun kaki ini beranjak"
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Waspadai Kanker Anak Sejak Dini

  1. Citra Taslim berkata:

    Wah,,,saya baru tau kalo kanker itu = tumor ganas.
    Info yang sangat bermanfaat, masih banyak orang yg kekurangan info soal kanker.

  2. Alhamdulillah terima kasih, sy senang kalau tulisan ini bermanfaat dan dipersilahkan untuk di share,..

  3. pureit berkata:

    selalu periksa kesehatan secara rutin sebagai upaya pencegahan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s