MENUNGGU REALISASI JAMPERSAL BERLAKU UNTUK SEMUA WARGA

MENUNGGU REALISASI JAMPERSAL BERLAKU UNTUK SEMUA WARGA
By : Agus Samsudrajat S

Program Jaminan Persalinan (Jampersal) yang ditanggung oleh pemerintah pusat kini untuk semua warga. Program layanan kesehatan ini awal mulanya hanya diperuntukkan bagi warga yang tidak memiliki jaminan kesehatan, misalnya Jamkesmas, Jamkesta, Jamkesda dan KMS. Hanya, kini setelah revisi Menkes melalui surat edarannya, maka layanan Jampersal diperuntukkan bagi seluruh kalangan masyarakat. Berdasarkan berita di media massa,sebagian wilayah seperti Jogjakarta telah mulai merealisasi dan mensosialisasikan jampersal untuk warganya yang dapat di manfaatkan melalui puskesmas, rumah bersalin, bidan praktek, dan Rumah sakit.

Merujuk Surat Edaran Menkes No. TU/Menkes/E/ 391/II/2011 yang diedarkan akhir Juli lalu, jaminan persalinan dapat dimanfaatkan siapapun tidak terbatas lagi kepada warga miskin. Sebelumnya Jampersal yang dianggarkan oleh pemerintah pusat hanya dapat dinikmati oleh warga miskin. Masyarakat di seluruh wilayah kalbar termasuk kabupaten sintang, masih menunggu sosialisasi dan realisasi melalui media apapun sebagai bentuk tindak lanjut dari surat edaran Menkes yang di tujukan ke semua dinkes provinsi, dinkes kabupaten dan Rumah Sakit penerima pelayanan kesehatan Jamkesmas dengan perihal tata prosedur pemberian pelayanan jampersal.

Ada beberapa Isi Surat Edaran yang perlu diperhatikan tersebut, diantaranya adalah jampersal di peruntukan untuk seluruh ibu hamil yang belum memiliki jaminan persalinan, jampersal diselenggarakan dengan prinsip portabilitas, pelayanan terstruktur berjenjang, dengan demikian pelayanan jampersal tidak terbatas wilayah untuk memanfaatkan pelayanan jampersal warga cukup dengan menunjukan kartu tanda pengenal (KTP)/kartu identitas lain atas nama yang bersangkutan, dan pelayanan jampersal yang dilayani meliputi pemeriksaan kehamilan, persalinan normal, persalinan nifas normal termasuk KB paska persalinan, pelayanan bayi baru lahir normal, pemeriksaan kehamilan resiko tinggi, pelayanan pasca keguguran, pelayanan pervaginam dengan tindakan emergensi dasar, pelayanan nifas dengan tindakan emergensi dasar, pelayanaan bayi baru lahir dengan tindakan emergensi dasar.

Setelah surat edaran Menkes tersebut, belum semua daerah di Indonesia mendapatkan informasi dan realisasi dari program jampersal yang kini bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga. Hal ini di karenakan informasi program jampersal terbaru yang diterbitkan pemerintah pusat minim disosialisasikan ke masyarakat baik oleh media massa baik secara audiovisual, audio maupun visual oleh pemerintah pusat, pemda maupun tempat-tempat pelayanan kesehatan di daerah-daerah. Harapan masyarakat informasi realisasi program ini bisa segera sampai kemasyarakat sebagai pengguna dari program jampersal.

Surat Edaran Menkes No. TU/Menkes/E/ 391/II/2011 tentang jampersal dapat di download pada link dibawah ini :

Surat Edaran Tata Prosedur Pemberian pelayanan Jampersal.pdf.

Tentang Agus Samsudrajat S

"Membuat tapak jejak dengan berpijak secara bijak dimanapun kaki ini beranjak"
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke MENUNGGU REALISASI JAMPERSAL BERLAKU UNTUK SEMUA WARGA

  1. firman berkata:

    Jika ada kasus bayi lahir baru kandungan umur 6 bulan,trus dia bersalin diklinik bidan yg bekerja dipuskesmas,apa layak atau bisa dapat jaminan kesehatan,terjadi di padalarang bandung barat

  2. Terimakasih saudara firman atas kunjungan dan pertanyaan..salam kenal : ), berdasarkan surat edaran tersebut sangat layak jika ibu tersebut mendapatkanya, pemerintah memberikan jampersal jika melahirkan di puskesmas atau rumah sakit, selain tempat itu pemerintah hanya bisa menghimbau dan mengajak tempat-tempat klinik bersalin swasta/non pemerintah jika ada bidan puskesmas atau swasta yg buka praktek maka sebaiknya ikut memberikan jampersal, kenyataanya banyak bidan swasta yang belum mau mengikuti program jampersal dari pemerintah karena klaim persalinan lebih rendah dari tarif bidan yg biasa..saran saya lebih baik melahirkan ke puskesmas atau rumah sakit saja, saudara Firman bisa menanyakan ke dinas kesehatan setempat, bidan praktek mana saja yg siap melaksanakan program jampersal di lingkungan tempat anda dan bagaiman pelaksanaan program jampersal disana, semoga bermanfaat, : )..

  3. Imam jasari berkata:

    Tanggung jawab pemerintah pusat bagaimana agar program jampersal bs dsosialisasikan ke seluruh indonesia sy dpalembang blm ada yg memanfaatkan program ini khususnya warga sekitar pemukiman saya,dkhawatirkan program ini dkorupsi jgn sampai niat baik jadinya tidak baik karena kurang nya keseriusan dalam mengusung sebuah program yg mulia.trmksi

    • Pak Imam Jasari bisa menanyakanya ke pusksmas atau dinas kesehatan setempat, harusnya merekalah yang bertanggung jawab menyebarluaskan info tersebut..kendla yg terjadi selama ini kebanyakan akses jampersal terbatas dan tingkat kepercayaan masyarakat akan pelayanan jampersal yg kurang baik menjadi faktor yg berpengaruh terhadap pemanfaatan program ini, yg akibatnya berdasarkan data SDKI saat ini Jumlah Angka Kematian Ibu malah meningkat dibandingkan tahun lalu…terimakasih pak Imam sudah berkenan mampir dan merespon tulisan ini🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s