Upaya Bacanisasi pada Masyarakat Masa Kini

Upaya Bacanisasi pada Masyarakat Masa Kini

(Memperingati hari buku nasional 17 mei 2011)

Krisisnya minat baca buku masyarakat Indonesia saat ini boleh jadi yang menjadi penyebab Negara Indonesia menjadi Negara yang belum maju baik dibidang pengetahuan maupun teknologi. Hal ini terbukti dengan masih tingginya Negara kita untuk menjadi Negara pengimpor teknologi maupun perlengkapan kebutuhan sehari-hari. Sebagai contoh kendaraan bermotor yang mendominasi dinegara kita adalah produk asal Negara tetangga matahari terbit atau jepang.

Maka, sangat tepat apa yang diungkapkan seorang sastrawan Ajip Rosidi, bahwa masyarakat Jepang sejak usia dini (kira-kira umur dua hingga tiga tahun) telah diperkenalkan dengan bahan bacaan buku. Tak heran jika bangsa Jepang dijuluki sebagai bangsa yang gemar baca buku. Bahkan ada istilah perbandingan, “kalau orang Jepang tidur sambil membaca, sedangkan orang Indonesia membaca sambil tidur.”

Bagi orang Jepang, sesantai apa pun kegiatan yang mereka tengah tekuni, membaca tetap menjadi suatu kebutuhan layaknya kebutuhan makan dan minum sehari-hari. Namun, sebaliknya, bagi orang Indonesia, sesantai apa pun kegiatan yang mereka tekuni, membaca belum dijadikan suatu kebutuhan. Pendek kata, rendahnya budaya baca buku masyarakat perlu dianggap sebagai persoalan serius dan segera dicarikan solusinya.

Kita lihat dari indeks membaca masyarakat Indonesia saat ini, kurangnya minat baca dibuktikan dengan yang baru sekitar 0,001, artinya dari seribu penduduk, hanya ada satu orang yang masih memiliki minat baca tinggi. Angka ini masih sangat jauh dibandingkan dengan angka minat baca di Malaysia dan Jepang. Indeks membaca di negara itu mencapai 0,45. Selain itu berdasarkan survei UNESCO, budaya baca masyarakat Indonesia berada di urutan ke-38 dari 39 negara dan merupakan yang paling rendah di kawasan ASEAN.

Peran orang tua, lembaga formal seperti sekolah maupun lembaga non formal, pemerintah pusat dan daerah sebaiknya memberikan solusi berupa program teknis bukan hanya berupa slogan atau himbauan yang tidak diimbangi dengan solusi tekhnis. Minat baca sejak dini harus ditanamkan oleh para orang tua, untuk usia dini bisa diawali dengan memberikan dan mendampingi anak untuk gemar membaca sesuatu yang dianggap menarik dan mendidik, maka perlu perhatian orang tua untuk melakukan hal tersebut.

Keluarga menjadi komunitas yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Minat dan kemampuan anak dibentuk dari keluarga di mana dia dibesarkan. Salah satu minat dan kemampuan yang bisa ditumbuhkan dalam diri anak lewat keluarga ialah membaca. Berikut beberapa tips untuk minat dan kemampuat baca anak :

  1. Bacakan buku sejak anak lahir
  2. Dorong anak bercerita tentang apa yang telah didengar atau dibacanya
  3. Ajak anak ke toko buku/perpustakaan
  4. Beli buku yang menarik minat anak
  5. Sisihkan uang untuk membeli buku
  6. Nonton filmnya dan beli bukunya
  7. Ciptakan perpustakaan keluarga
  8. Tukar buku dengan teman
  9. Hilangkan penghambat seperti TV atau Playstation
  10. Beri hadiah (reward) yang memperbesar semangat membaca
  11. Jadikan buku sebagai hadiah (reward) untuk anak
  12. Jadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan setiap hari
  13. Dramatisasi buku yang Anda baca
  14. Buatlah buku sendiri misalkan membuat buku biografi anak, buku tentang diri Anda, buku cerita yang anda gambar sendiri.
  15. Anak membuat sendiri bukunya.
  16. Jadilah teladan

Solusi tekhnis lain untuk membangkitkan minat baca di masyarakat, tidak lepas dari peran kebijakan pemerintah desa atau daerah. Seperti, membuat peraturan daerah (perda) untuk meningkatkan minat baca, mengadakan kegitan-kegiatan tentang bukunisasi, mengadakan dan mengoptimalisasikan perpustakaan berbasis kerakyatan di desa. Kemudian, mengadakan dan menghidupkan majalah dinding desa (Mading) agar masyarakat setempat terbiasa melek informasi media cetak (Koran/majalah). Kesemuanya, akan berjalan dengan baik jika ada kerjasama yang sangat baik pula antara semua jejaring yang berkepentingan. Jika minat baca masyarakat tinggi maka tidak menutup kemungkinan Negara Indonesia bisa menjadi negara maju yang siap bersaing dengan negara Amerika atau pun Jepang.

Untuk download/unduh artikel selengkapnya versi pdf silahkan klik pada judul berikut Upaya Bacanisasi pada Masyarakat Masa Kini.

Tentang Agus Samsudrajat S

"Membuat tapak jejak dengan berpijak secara bijak dimanapun kaki ini beranjak"
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s