Tujuan Pendidikan di Perguruan Tinggi Sering Terabaikan

Kegiatan dan Program-Program di  Perguruan Tinggi

Dalam Peraturan Pemerintah No.60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi di perguruan tinggi atau yang biasa disebut pendidikan kampus adalah pendidikan pada jalur pendidikan sekolah pada jenjang yang lebih tinggi daripada pendidikan menengah di jalur pendidikan sekolah.
Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi. Tujuan Pendidikan Tinggi Menurut  PP No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi (PT), Pasal 2, adalah :

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian;
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Saat ini UUD 1945 dan peraturan lainya atau dengan slogan mencerdaskan kehidupan bangsa adalah alasan yang cukup tepat dan banyak diutarakan oleh berbagi perguruan tinggi di indonesia. Fakta yang terjadi saat ini banyak pendidikan tinggi berdiri dengan sumber daya yang seadaanya sampai mengabaikan peraturan dan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, begitu juga pemerintah terkait terkadang memberikan ijin mendirikan sebuah PT yang sesungguhnya belum memenuhi syarat minimal untuk sebuah PT sesuai aturan yang berlaku saat itu. Selain itu yang menjadi tujuan perguruan tinggi sesungguhnya kini sering terabaikan oleh PT. Ironinya di Daerah-daerah yang merasa memberikan ijin sebuah kampus malah memberikan fasilitas kepada perguruan tinggi yang belum terdaftar secara benar sebagaimana UU yang berlaku yaitu setiap seluruh PT baik Negeri maupun Swasta harus terdaftar di Direktorat Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional karena dianggap sebagai aset daerah yang berharga. Hal semacam ini lah yang menjadikan kasus-kasus tertentu hingga banyak penulis pengamat pendidikan menulis ceritanya disebuah buku tentang lika liku sistem pendidikan baik tingkat dasar, menengah maupun tinggi, tak lain hanyalah untuk mengingatkan, menyadarkan dan membangunkan tatkala para pelaku dan yang yang terlibat dalam sistem tersebut lupa, tertidur atau dilupakan oleh nafsu negatif.

Selepas dari itu setiap calon mahasiswa baru yang akan memasuki kampus dan mendaftar sebagi mahasiswa kampus tertentu, maka mahasiswa baru tersebut diwajibkan mengetahui profil kampusnya masing-masing baik dari latar belakang hingga program maupun  kegiatan-kegiatan di kampusnya masing-masing. Apapun kegiatan kampus tentunya sebuah PT memiliki tujuan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang objeknya adalah mahasiswa.

Kegiatan dan progran-program mahasiswa di PT baik negeri maupun swasta yang perlu diketahui saat awal adalah seperti pada slide yang dapat di download pada link berikut ini (Silahkan Klik judul materi warna biru untuk men-download)

Materi PPSM,_Program & Kegiatan Mahasiswa di Perguruan Tinggi.ppt.

Materi PPSM, Pengenalan Organisasi Tenaga Kesehatan Masyarakat .ppt.

About these ads

Tentang Agus Samsudrajat S

"buatlah tapak jejak dengan berpijak secara bijak dimanapun kita beranjak" "جعل وراءه بصمة على قاعدة العجلة بحكمة أينما ذهبنا" "make a footprint trail to tread wisely wherever we go" "我々はどこへ行くのフットプリント証跡は、賢明なトレッドとする"
Tulisan ini dipublikasikan di Bidang Kemahasiswaan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s